Choose Store

Pilih Berlian atau Batu Mulia Untuk Cincin Tunangan Anda?

1 April 2021 |

Berlian dan batu mulia sama-sama punya kilau dan pesona memikat. Tapi manakah yang layak dipilih sebagai simbol awal komitmen cinta Anda dan pasangan?

Sudah saatnya melangkah ke jenjang yang lebih serius dalam perjalanan cinta Anda?  Pertanyaan ini tidak hanya ditujukan kepada para pria, tetapi juga para wanita. Betapa tidak, meskipun prialah yang umumnya ‘popping the question’ tapi tidak bisa dipungkiri kalau pertunangan adalah komitmen yang dibuat bersama-sama.

Begitu pun dengan cincin yang menjadi simbol maha penting dalam pertunangan.  Baik wanita maupun pria bisa memutuskan bersama, cincin seperti apa yang akan jadi pilihan. Umumnya, pasangan dihadapkan pada dua pilihan antara cincin bermata berlian atau cincin bermata batu mulia.

Tahukah Anda kalau sebenarnya kebiasaan memberikan cincin berlian baru mulai terdokumentasikan di tahun 1477? Tepatnya Archduke Maximillian of Austria yang memberikan cincin berlian kepada Mary of Burgundy sebagai tanda pertunangan mereka. Sejak itu, cincin berlian mulai digunakan kalangan bangsawan.

Meskipun tidak terdokumentasikan, batu mulia dalam cincin tunangan punya sejarah lebih tua. Tepatnya di jaman Romawi, orang-orang sudah memakainya sebagai cincin pengikat, terutama batu safir biru. Baru pada tahun 1930-an, perusahaan berlian De Beers mempopulerkan berlian sebagai cincin pertunangan. Kilau gemerlap berlian saat merefleksikan cahaya rupanya membuat banyak orang tersihir.

Hingga saat ini, berlian dan batu mulia masih jadi dua pilihan saat pasangan memilih cincin tunangan. Coba kita kulik masing-masing karakter dari berlian dan batu mulia sebagai bagian dari pertimbangan Anda sebelum menentukan pilihan.

Karakter Berlian

1. Berlian berkualitas baik tidak hanya langka tapi juga punya tampilan yang sangat cantik. 4C yang menjadi standar kualitas berlian adalah Cut (Potongan), Color (Warna), Clarity (Kejernihan) dan Carat (Karat). Saat keempatnya ada dalam level tertinggi, kilau berlian menampilkan kemewahan yang memukau. Sebagai cincin tunangan, ini bisa menjadi pengingat yang indah tentang perasaan Anda terhadap pasangan. Silakan klik di sini untuk pilihan koleksi cincin tunangan dengan berlian di dalamnya.

2. Berlian adalah materi yang sangat keras, kuat dan tahan banting. Betapa tidak, proses pembuatannya bisa memakan waktu sampai 1 miliar tahun. Sebagai materi paling keras di bumi ini, berlian hanya bisa dihancurkan dengan sesama berlian. Tidak ada pengingat yang lebih dahsyat untuk kekuatan cinta Anda, bukan?

3. Colorless adalah warna berlian dengan nilai tertinggi. Ini menjadikannya perhiasan dengan nuansa yang netral sehingga sangat fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai warna dan gaya penampilan secara keseluruhan.

Karakter Batu Mulia

1. Batu mulia punya variasi warna yang sangat bervariasi, masing-masing dengan karakter sifat dan simbolisme yang khas. Mineral yang sama dari lokasi yang berbeda bisa jadi menghasilkan batu mulia dengan karakteristik warna yang berbeda pula. Ini membuat batu mulia tampil sebagai pusat perhatian sekaligus penuh cerita saat dijadikan cincin tunangan Anda.

2. Warna bukan satu-satunya faktor yang membuat batu mulia jadi punya nilai tinggi. Masih ada standar Cut (potongan), Clarity (Kejernihan) dan Transparansi yang akan membuatnya tampil elegan dan gemerlap saat berinteraksi dengan cahaya. Ketika faktor Carat ditambahkan, maka akan jelas nilai sesungguhnya dari sebuah batu mulia.

3. Meskipun demikian, hanya tiga jenis batu mulia yang disarankan menjadi cincin tunangan, yaitu batu safir (dominan biru), batu delima/ruby (dominan merah) dan batu emerald (dominan hijau). Ini karena tekstur ketiganya yang cukup keras sehingga punya ketahanan tinggi untuk digunakan setiap hari melalui segala aktifitas.
Sehingga, Pilih Yang Mana?

Sampai di sini, sudahkah Anda punya kecenderungan terhadap pilihan antara berlian dan batu mulia untuk cincin tunangan Anda? Sebagai pertimbangan terakhir, berikut kami beri sedikit kesimpulan.

Pilihlah berlian kalau Anda menginginkan kilau yang abadi dan tidak pernah lekang oleh waktu dan jaman. Ketika dihadapkan pada berbagai model dan variasi cincin berlian, cincin solitaire alias bermata tunggal akan selalu jadi pilihan yang aman. Sementara kalau Anda terbentur bujet, maka cincin berlian dengan model cluster akan menghadirkan kilau yang tetap maksimal.

Pilihlah batu mulia kalau Anda lebih terpukau dengan batu berwarna yang menghasilkan kilau unik. Cerita di balik pilihan batu mulia bisa jadi ornamen cerita cinta yang akan selalu manis untuk dikenang dan diceritakan ke anak cucu Anda. Pilih desain yang klasik supaya Anda atau pasangan Anda bisa memakainya di segala kesempatan dalam rentang waktu yang lama.

Suka keduanya? Anda juga bisa mengombinasikan berlian dan batu mulia sekaligus dalam cincin tunangan. Batu safir biru yang dikelilingi oleh cluster berlian adalah salah satu model yang paling disukai. Lihat saja cincin safir biru Ceylon milik Kate Middleton yang dikelilingi cluster berupa 14 berlian solitaire.

Apa pun pilihan Anda, percayakan kepada Frank and co. sebagai brand perhiasan berkualitas dan terpercaya yang mampu memberikan beragam pilihan. Berlian atau pun batu mulia, momen istimewa Anda pasti tidak akan pernah kehilangan makna.

TAGS

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow