Choose Store
1 April 2021

Tiga Cara Mendata Koleksi Perhiasan

Perhiasan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari penampilan seorang perempuan. Dengan menambahkan perhiasan, yang paling sederhana sekalipun, penampilan seseorang akan terlihat lebih menarik. Apalagi jika yang dikenakan adalah model perhiasan terbaru. Selain untuk keseharian, pemakaian perhiasan bisa disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Di acara-acara khusus, seperti pernikahan, tentunya perhiasan yang khusus pula yang akan dikenakan. Maka, tidak heran jika  koleksi perhiasan seseorang akan semakin beragam seiring dengan bertambahnya keperluan berpenampilan dan kesenangan. Bisa jadi Anda salah satu di antaranya.

Apakah Anda baru memulai mengumpulkan koleksi perhiasan? Silakan klik di sini untuk melihat pilihan perhiasan apa saja yang bisa Anda mulai koleksi . Atau koleksi Anda sudah menumpuk?  Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk menilai dan mengatur koleksi perhiasan Anda. Memulainya tidak sulit, buatlah data sederhana terlebih dahulu dari cincin pertunangan, cincin pernikahan, perhiasan seserahan saat menikah, atau bahkan sebelumnya perhiasan pemberian orang tua ketika Anda lulus sarjana, dan seterusnya.

Data Koleksi Perhiasan

Memiliki data koleksi perhiasan yang rapi terstruktur akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi dan mengingat kembali milik Anda.  Anda bisa mengelompokkannya berdasarkan jenisnya, misalnya gelang, anting dan kalung. Lalu gelang, masih bisa Anda pisah-pisahkan lagi menjadi misalnya: gelang rantai emas, gelang bangle, gelang rantai emas putih. Sementara anting, bisa Anda kelompokkan menjadi anting emas putih, anting emas kuning, anting rose gold.

Demikian juga dengan kalung dan lainnya. Ada banyak tujuan dalam mendata ini, terutama jika Anda mengasuransikan perhiasan-perhiasan tersebut. Sehingga ketika –misalnya ada kasus seperti kebakaran, banjir atau masalah lainnya, catatan koleksi perhiasan Anda dapat digunakan untuk klaim asuransi.

1. Menyimpan sebagai Foto

Ini adalah cara yang paling konvensional yang digunakan sejak zaman analog. Hanya bedanya sekarang Anda tidak perlu mencetak foto tersebut. Cukup menyimpannya di dalam folder di ponsel Anda. Buatlah foto koleksi Anda. Foto juga ketika Anda mengenakannya dan bisa juga dilengkapi dengan memotret surat pembeliannya.  Setelah menyimpan di folder handphone, jangan lupa untuk mengunci folder tersebut dengan password .

2. Membuat Tabel

Anda yang akrab dengan sistem tabulasi dapat menggunakan sistem ini, yang artinya Anda menyimpan catatan koleksi berbentuk tabel ini di personal computer. Keuntungannya, Anda dapat mengatur keterangan di dalam lajur-lajur sesuai kebutuhan, misalnya tipe perhiasan, deskripsi (termasuk brand, lokasi pembelian atau siapa yang memberikan, carat, warna, clarity, dan sebagainya), tanggal pembelian, atau tanggal memiliki (jika perhiasan ini adalah pemberian), nomor identifikasi (jika Anda menerapkannya), dan nilai perhiasan saat dibeli. Anda juga bisa melengkapi tabel ini dengan foto perhiasan dan sertifikatnya.

Seperti juga di dalam handphone, maka pastikan laptop Anda memiliki kode akses untuk membuka data di dalamnya. Selain dicetak, tabel yang Anda buat ini bisa juga Anda simpan di iCloud atau Anda emailkan ke diri sendiri untuk menyimpannya ‘di awan’.

3. Menggunakan Aplikasi

Mendata perhiasan sekarang menjadi semakin mudah dengan hadirnya pilihan aplikasi. Beberapa aplikasi yang sebenarnya diperuntukkan menginventarisir pakaian yang ada di lemari, dan aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mendata perhiasan. Dan ada juga aplikasi yang memang khusus dibuat untuk benda berharga, seperti perhiasan, lukisan, koleksi keramik dan sebagainya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

SORTLY

Ini adalah aplikasi pendataan koleksi yang membantu Anda memilah barang-barang berdasarkan lokasi, harga, kondisi, jumlah, dan beberapa kategori lainnya. Untuk pemakaian pribadi, Sortly penting untuk membuat katalog barang-barang Anda, mulai dari furnitur, pakaian, barang pajangan, sampai perhiasan. Anda dapat memperbarui data barang semisal saat memindahkan tempat menyimpan perhiasan, misalnya dari box di laci ke lemari, atau dari lemari ke brankas, atau dari brankas ke safe deposit box di bank. Melalui Sortly,  Anda dapat menemukan barang-barang dengan lebih nyaman.  Data dari Sortly dapat disinkronisasikan ke clouds dan Evernote. Jika Anda kehilangan ponsel atau menghapus aplikasi, data tetap aman dan bisa dipulihkan kembali (restore).

MEMENTO

Aplikasi ini adalah penyimpan data aneka barang-barang umum, jadi bukan hanya untuk perhiasan Anda. Format yang ditawarkan sangat sistematis, Anda dapat menyortir, menyaring dan mencari dengan mudah untuk menemukan perhiasan yang Anda perlukan. Selain mendata perhiasan, Memento yang ramah untuk pengguna awam ini juga dirancang untuk bekerja dengan jenis data apapun. Kelebihan ini memungkinkan Anda menyimpan, mengatur, menghitung, dan memvisualisasikan informasi dengan mensinkronkan data Anda dengan Google Sheet. Itu sebabnya, menggunakan aplikasi ini akan  lebih nyaman dibanding menggunakan basic spreadsheet . Kelebihannya lagi, Anda bisa menggunakannya untuk mengatur urusan pribadi, hobi, atau bahkan bisnis skala kecil atau menengah. Memento adalah solusi yang tepat.

MYSTUFF

Aplikasi database dan inventaris yang mudah digunakan di rumah. Anda dapat mencatat, mengatur dan mendokumentasikan koleksi Anda, termasuk perhiasan. Barang apapun bisa Anda data di sini. Mulai dari koleksi bernilai tinggi dan terkurasi dengan baik seperti lukisan, atau koleksi pribadi lainnya yang menumpuk seperti buku, film, bahkan hingga permainan video. Aplikasi ini hadir dalam dua pilihan, yaitu versi gratis yang memiliki batas penyimpanan 15 items atau versi Pro dengan jumlah item yang tidak dibatasi. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur pemindai barcode membuat entri data barang-barang semakin mudah.

TAGS

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow