Choose Store
1 April 2021

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Untuk Hidup Yang Lebih Bahagia

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Untuk Hidup Yang Lebih Bahagia

“Your task is not to seek for Love, but merely to seek and find all the barriers within yourself that you have built against it.” – Rumi

Cinta bisa membuat orang lebih bahagia. Sudahkah Anda menemukan cinta yang bisa membuat diri lebih bahagia? Tidak perlu jauh-jauh mencarinya di luar diri. Seperti kata bijak dari filsuf Rumi, tugas kita di dunia ini bukanlah untuk mencari cinta, tetapi mencari tahu apa saja penghalang yang sudah kita bangun antara kita dan cinta itu sendiri.

Memang betul, seringkali penghalang terbesar kebahagiaan kita adalah kurangnya cinta terhadap diri sendiri. Tidak sedikit dari kita yang berpikir kalau diri sendiri tidak layak untuk dicinta, baik oleh diri sendiri, atau terlebih lagi oleh orang lain. Padahal, berawal dari mencintai diri sendiri kita bisa menarik cinta-cinta yang lain di luar diri.

Nah, bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri? Tidak sesulit yang dibayangkan tapi juga butuh sedikit usaha. Mulai dengan yang berikut ini, 5 cara mencintai diri sendiri untuk hidup yang lebih bahagia.

1. Fokus Ke Kelebihan Diri Dibanding Kekurangan

Berapa banyak dari Anda yang bisa melihat kelebihan apa saja yang Anda punya? Bisa dipastikan tidak banyak. Kecenderungan kita memang lebih melihat kekurangan daripada kelebihan diri sendiri. Sadar dengan kekurangan memang bisa mendorong kita untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik. Tapi bisa melihat kelebihan diri sendiri juga banyak manfaatnya.

Dengan bisa menyadari kelebihan-kelebihan apa saja yang kita punya, kita jadi tahu kalau diri kita berharga. Kita sadar kalau kita layak mendapatkan hal-hal yang baik dalam hidup. Kita juga jadi lebih selektif saat dihadapkan pada pilihan-pilihan yang ada di depan mata, baik yang remeh seperti menu makanan yang akan disantap hari ini atau bagaimana memilih kegiatan untuk menghabiskan akhir pekan, sampai ke hal yang lebih serius seperti membuat keputusan dalam berkarir atau memilih  pasangan hidup. Jadi, yuk, mulia membuat daftar kelebihan-kelebihan yang kita punya!

2. Cintai Diri Tanpa Syarat

Percaya atau tidak, kita sering mengajukan ‘syarat’ saat ingin lebih mencintai diri sendiri. Seperti misalnya ‘aku akan lebih sayang diriku kalau saja aku tidak terlalu emosional’ atau ‘aku akan lebih bangga dengan diriku kalau saja aku lebih pintar memasak.” Daftar ini bisa terus berlanjut tanpa sadar.

Nah, sebenarnya kita bisa lebih bahagia kalau bisa mencintai diri sendiri tanpa syarat-syarat tersebut. Artinya, kita mencintai diri kita sendiri apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Love yourself unconditionally , dan di saat yang sama juga melakukan usaha untuk memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik.

3. Kurangi Kritik Kejam Terhadap Diri Sendiri

Secara tidak sadar, kita sering bertindak ‘kejam’ terhadap diri sendiri, terutama kalau menyangkut mengkritisi diri sendiri akan hal-hal yang terjadi di luar rencana atau harapan. Padahal, saat kita akan mengkritik sahabat pun caranya harus halus dan tidak menyakiti, kan? Nah, diri sendiri juga layak mendapatkan perlakukan serupa, kritik halus yang tidak membuat diri justru jadi lebih down .

Dibutuhkan kesadaran supaya kita tidak ikut terseret kritik pada diri sendiri yang bisa membuat perasaan jadi lebih terpuruk. Begitu si ‘pengkritik’ dari dalam ini datang, bulatkan tekad untuk tidak meladeninya. Santai saja, membuat kesalahan adalah bagian dari sebuah perjalanan hidup yang harusnya memberi warna, bukannya malah membuat kita jadi seolah ‘memukuli’ diri sendiri.

4. Lakukan Satu Hal Menyenangkan Untuk Diri Sendiri Setiap Hari

Kalau Anda adalah wanita aktif yang selalu sibuk memikirkan kebutuhan-kebutuhan orang terdekat Anda, maka tanyakan satu hal: apakah Anda sudah cukup melakukan hal-hal kecil untuk merawat diri, baik itu tubuh, pikiran dan spiritual?

Ini bisa dilakukan dengan hal-hal kecil seperti menyediakan me time sebanyak satu jam sehari. Bisa untuk menyeruput kopi sore di teras rumah sambil membaca novel kesayangan. Atau melakukan perawatan tubuh yang membuat Anda merasa rileks dan cantik. Bisa juga kesempatan untuk reconnection dengan diri sendiri lewat meditasi yang menenangkan.

5. Beri Hadiah Untuk Diri Sendiri

Sibuk memikirkan hadiah-hadiah buat orang terdekat? Sekali-sekali, tidak ada salahnya memberikan hadiah untuk diri sendiri. Ini adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk mencintai diri sendiri. Anda tidak harus bergantung kepada orang lain untuk memberi hadiah unik yang Anda suka atau butuhkan.

Fakta bahwa Anda mampu membeli sebuah hadiah untuk diri sendiri dengan hasil kerja Anda selama ini menghadirkan perasaan empowerment atau berdaya yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Dalam hal ini, mandiri tidak hanya bersifat finansial, tapi juga emosional. Dan sepertinya kita setuju bahwa keduanya adalah hal yang sulit dipisahkan.

Hadiah untuk diri sendiri bisa berupa pengalaman berharga yang membuat Anda lebih mengenali diri sendiri. Sebut saja solo trip ke sebuah negara yang sama sekali asing dan belum pernah Anda kunjungi. Tidak terhitung pengalaman baru yang akan Anda alami, dari makanan, budaya, bahasa sampai orang-orang yang akan ditemui selama perjalanan. Bisa jadi, saat pulang Anda akan melihat dunia dengan cara yang sama sekali berbeda.

Bisa jadi tidak banyak orang tahu kalau Anda ternyata berambisi membuat konten podcast tentang kucing-kucing atau tanaman hias kesayangan di rumah. Anda pun memutuskan membeli mic set untuk menghasilkan kualitas podcast yang bagus. Kalau pada akhirnya podcast Anda diminati oleh khalayak ramai, akan menjadi poin plus yang membuat kebahagiaan bertambah, kan?

Atau sebagai penyuka perhiasan wanita dan aksesori, tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata begitu berarti bagi Anda untuk memiliki sebuah kalung emas dengan liontin emas mungil dan cantik dengan inisial nama Anda sendiri, seperti yang bisa Anda temui pada koleksi initial pendants ME yang baru saja dirilis oleh rumah perhiasan Frank and co. Koleksi ini terdiri dari liontin emas 18K seberat 2,87 gram yang dipadukan dengan kalung emas 18K seberat 2,8 gram.

Ukurannya boleh mungil, tapi liontin dengan inisial nama seperti initial pendant ME collection dari Frank and co. ini punya makna jauh lebih dalam dari sekadar bentuknya. Ini adalah simbol betapa diri Anda eksis, percaya diri, berharga, punya arti dan sadar akan potensi untuk melakukan banyak hal yang bermakna dalam hidup. Fakta Anda memakai liontin ini di dekat jantung selayaknya juga menjadi pengingat akan makna pentingnya dan sebagai pendorong semangat di segala kondisi.

Apa pun inisial huruf nama Anda, bisa didapatkan pada koleksi initial pendant ME ini. Teknologi tinggi menghasilkan bentuk liontin dengan fine cutting yang inovatif. Desainnya pun modern dan kekinian, cocok untuk digunakan sehari-hari. Bisa digunakan sebagai kalung berliontin secara sendiri atau pun dengan menumpuknya dengan kalung berliontin lain sejalan dengan tren necklace layering yang kini marak. Ini akan jadi pilihan tepat untuk memancarkan pesan unik Anda.

Pada akhirnya mencintai diri sendiri idealnya akan membuat Anda jadi lebih bahagia. Dan saat Anda bahagia, Anda akan bisa membuat orang sekitar bahagia juga. Seperti kata bijak,

only when your cup is full you can share and give to other people.

TAGS

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow