Choose Store

Cinta, Tujuh Jenis dan Maknanya Di Mata Bangsa Yunani Kuno

1 April 2021 |

Cinta, bisa jadi adalah salah satu kata yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Baik secara lisan maupun tulisan. Satu kata sederhana namun punya makna yang sangat luas dan dalam. Berbeda-beda sebutannya di berbagai negara, namun tahukah Anda kalau cinta dalam pengertian bangsa Yunani Kuno punya lebih dari satu nama yang memiliki arti berbeda-beda pula? Ada tujuh nama cinta yang diyakini bangsa Yunani Kuno, mari kita bahas satu persatu.

1. Philia, Cinta dalam Persahabatan

Jika Anda punya teman dekat atau sahabat yang sepertinya selalu mengerti perasaan Anda, mampu menghibur ketika berada di situasi buruk serta membantu meredam emosi negatif yang sedang menguasai Anda, artinya Anda memiliki cinta Philia. Cinta yang timbul di antara dua atau lebih orang yang bersahabat ini bisa hadir tanpa ada intensi romantis juga seksual. Cinta Philia dibutuhkan setiap orang untuk saling berbagi kesulitan dan kebahagiaan. Mungkin tidak semua orang punya sahabat, namun dengan adanya sahabat dan cinta Philia di dalamnya, hidup Anda akan jadi lebih menyenangkan dan bermakna.

2. Philautia, Cinta pada Diri Sendiri

Bangsa Yunani Kuno sudah memiliki istilah Philautia untuk apa yang kini populer dengan sebutan self love . Self love menjadi isu penting saat semakin banyak orang mengalami masalah kesehatan mental. Mencintai diri sendiri pun jadi sebuah cara untuk mengurangi tekanan yang kadang sering tidak sadar kita berikan pada diri sendiri. Dengan menyayangi diri sendiri, kita jadi lebih memahami apa yang kita butuhkan untuk berkembang serta mampu mengembangkan potensi diri sendiri untuk mencapai tujuan hidup. Tidak menekan diri dengan berlebihan dan tau batasan saat berada dalam situasi sulit. Cinta pada diri sendiri sangat penting dilakukan sebelum kita mencintai orang lain. Tapi hati-hati, self love berlebihan juga bisa menarik ke arah yang tidak sehat seperti narsisisme, kesombongan dan menganggap diri lebih baik dari orang lain. Tidak heran ada istilah ‘ too much of something is bad enough ’.

3. Ludus, Cinta Menggebu-Gebu

Masih ingat perasaan Anda ketika jatuh cinta saat masih remaja? Itulah definisi cinta Ludus, yaitu cinta romantis yang dirasakan saat dua orang pertama bertemu dan saling tertarik secara instan. Alasannya bisa jadi sangat sederhana dan bukan hal yang prinsipil, seperti orang tersebut hobi melucu sehingga Anda selalu senang atau bisa jadi cara dia memakai kemejanya yang sangat santai membuatnya kelihatan sangat cool. Dengan Ludus, hari-hari Anda akan penuh dengan perasaan tidak menentu yang bikin nervous . Tidak heran kalau Ludus juga disebut sebagai playful love . Ludus bisa berlangsung sesaat yang meninggalkan kesan tak terlupakan, tapi bisa juga berkembang jadi cinta yang lebih matang dan berusia panjang.

4. Eros, Cinta Penuh Hasrat

Diambil dari nama salah satu dewa cinta dan kesuburan Yunani kuno, Eros merupakan cinta yang merepresentasikan keinginan dan hasrat seksual. Eros melambangkan hasrat alami manusia untuk berkembang biak demi menjaga eksistensinya di muka bumi. Pengertian ini membuat Eros jadi hal yang sangat natural pada hubungan romantis para pasangan. Namun realitanya, dalam konteks manusia dan komunitas sosial yang punya aturan, jenis cinta ini sering disertai peringatan untuk waspada. Tanpa pertimbangan yang matang, Eros dapat membawa masalah dalam hubungan, karena hanya dilandasi nafsu tanpa memperhitungkan akibat sesudahnya.

5. Storge, Cinta Keluarga

Merupakan jenis cinta yang kita dapatkan pertama kali saat lahir di dunia. Cinta dari orang tua kepada anak dan sebaliknya. Cinta Storge adalah salah satu jenis cinta yang paling tulus dan nyaris tanpa syarat. Seiring perkembangan hidup manusia, Storge dirasakan dari keakraban dan rasa ketergantungan satu sama lain. Tentang bagaimana seorang anak butuh dirawat oleh ayah ibunya, dan sebaliknya, para orang tua juga selalu mendambakan rasa cinta dari buah hatinya. Pada dasarnya beberapa jenis cinta akan saling berhubungan satu sama lain. Misalnya cinta Storge antara kakak beradik yang berkembang jadi Philia setelah keduanya semakin dekat layaknya sahabat.

6. Agape, Cinta Dari Dalam Jiwa

Jenis cinta yang satu ini memiliki cakupan yang sangat luas dan universal. Secara sederhana, cinta Agape bisa dikaitkan dengan situasi kemanusiaan. Tentang bagaimana sesama manusia saling bahu-membahu, membantu tanpa pamrih dalam memberi dan beramal untuk manusia lainnya yang sedang dalam kesulitan. Saat masa pandemi seperti sekarang ini, cinta Agape sering kita saksikan muncul dalam berbagai bentuk. Agape membuat kita memiliki rasa simpati, empati dan keinginan menolong orang yang bahkan tidak kita kenal sama sekali.

7. Pragma, Cinta Abadi

Salah satu contoh paling mudah untuk menggambarkan cinta Pragma adalah hubungan antara kakek nenek atau orang tua Anda yang hingga masa tuanya tetap bersama dan saling menunjukkan cinta, tidak berubah sejak pertama menikah. Cinta yang satu ini hanya dapat dibuktikan oleh waktu. Kebersamaan dalam waktu yang lama memang perlu diuji oleh dinamika berbagai konflik yang pada akhirnya memperkuat ikatan. Seperti janji pernikahan untuk selalu bersama dalam suka maupun duka, saat susah maupun senang dan dalam keadaan sehat ataupun sakit, itulah cinta Pragma. Menepati janji setia hingga mau memisahkan.

Tanda Cinta untuk Mengungkapkan Perasaan Terdalam

Meskipun tujuh jenis cinta menurut bangsa Yunani kuno di atas sudah berusia nyaris dua ribu tahun, maknanya tetap kontekstual sampai masa kini. Inspirasi tiada putus mengalir dari berbagai jenis cinta ini. Dari karya seni berbentuk fisik, performance , tulisan sampai item tanda cinta lahir karena terinspirasi dari cinta yang penuh warna itu.

Salah satunya yang paling terkini adalah koleksi perhiasan wanita cantik dalam bentuk liontin unik, The Love Box collection, yang dirilis oleh rumah perhiasan Frank and co. Koleksi ini menawarkan liontin dengan desain kubus yang unik. Ada total tiga varian yang bisa Anda pilih yaitu Agathea, Phrea dan Ludia, masing-masing dengan makna cinta yang berbeda-beda, terinspirasi dari tiga jenis cinta yang sudah dijelaskan di atas, yaitu masing-masing Agape, Phrea dan Ludus.

Agathea berarti cinta universal yang tanpa syarat, Pragme bermakna long-term relationship love dan Ludia yang berarti playful love . Desain tiap jenis boks pun mengikuti nama dan makna cinta yang menyertainya. Seperti kotak berisi hati pada Agathea, persegi panjang bertuliskan kata ‘Love’ pada Phrea dan kubus cantik berisi berlian yang bisa bergerak pada Ludia.

Perhiasan emas koleksi Love Box ini terbuat dari rose gold 18K dengan berat bervariasi antara 1,75 gram, 2,70 gram, dan 2,46 gram. Makin berkilau indah dengan kehadiran berlian dengan ukuran variatif pula, dari 0,083 ct, 0,030 ct dan 0.056 ct. Jadikan Love Box collection sebagai ungkapan cinta Anda kepada pasangan. Dapatkan dengan harga mulai dari Rp 5.499.000.

Seperti bangsa Yunani Kuno, cinta boleh saja berbeda-beda, tapi ungkapannya bisa dalam banyak bahasa. Bahasa kata-kata atau bahasa tindakan, termasuk di dalamnya memberikan hadiah sebagai tanda cinta. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki bahasa cinta dengan memberi hadiah unik, Anda dapat mempersembahkan perhiasan unik dari Frank and co. seperti Love Box Collection di atas sebagai tanda cinta. Pasti akan jadi bahasa cinta yang berkesan dan tidak terlupakan.

TAGS

New Stories

Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda
15 September 2021 Kalung Nama Emas dan Arti Tiap Alfabet Pada Nama Anda Apa arti inisial nama Anda? Cari tahu sebelum memilih kalung nama emas yang sesuai. Read More read more arrow
Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat
15 September 2021 Kado Spesial untuk Sahabat Agar Selalu Optimis dan Semangat Berikan makna lebih ke kado spesial untuk sahabat. Pilih perhiasan yang bisa memberikan semangat. Read More read more arrow
Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya
15 September 2021 Harga Kalung Emas dan Apa Saja yang Menjadi Penentunya Pahami komponen apa saja yang menjadi penentu harga perhiasan, termasuk harga kalung emas. Read More read more arrow