Choose Store

13 Fakta Natural Diamond, Kilau Abadi yang Unik Nan Menarik

9 March 2024 |

Beberapa fakta berlian yang sering kita dengar adalah birthstone -nya bulan April, zat alami terkeras di bumi, dan usianya yang lebih dari satu miliar tahun.

Sebenarnya masih ada banyak sejarah dan fakta natural diamond yang layak mendapatkan atensi.

Pasalnya, permata dengan kemilau dan glamor memukau ini penuh dengan keajaiban.

Nah, melalui informasi berikut, Anda akan menemukan berbagai fun fact berlian yang mungkin baru pertama kali Anda dengar.

Fakta Natural Diamond , Permata Abadi Penuh Keunikan

Melalui laman resminya, Gemological Institute of America (GIA) mengungkap fakta-fakta berlian yang menarik dan unik untuk disimak. Di antaranya:

  1. Pada tahun 300 SM di India, berlian sempat digunakan untuk mengukir batu permata lainnya
  2. Sebenarnya berlian dapat terbakar, tapi dalam suhu antara 698 – 898 derajat Celcius
  3. Berlian warna D-Z adalah yang paling banyak digunakan dalam skala pengukuran warna perhiasan. Tetapi berlian juga hadir dalam semua warna pelangi. Untuk berlian berwarna alami ( natural colored diamond ), warna biru, hijau, oranye, dan merah adalah yang paling langka. Sedangkan kuning dan coklat termasuk warna paling umum.
  4. Berat berlian diukur dalam carat . Kata carat berasal dari keration , nama Yunani untuk pohon karob yang bijinya digunakan selama berabad-abad sebagai standar penimbangan batu mulia. Tetapi, di tahun 1913, untuk pengukuran yang lebih akurat digunakanlah standar metrik dengan satu carat metric setara dengan 0.2 gram atau 0.007 ons.
  5. Berlian kasar terbesar ditemukan pada tahun 1905. Berlian tersebut dinamai Cullinan dengan berat mencapai 3106 ct .
  6. Berlian terbentuk miliaran tahun yang lalu melalui kombinasi tekanan besar dan suhu ekstrem pada kedalaman antara 90 hingga 120 mil di bawah permukaan Bumi.
  7. Sebelum abad ke-18, sebagian besar berlian ditemukan di India.
  8. Berlian baru ditemukan di Amerika Selatan sejak tahun 1725, tepatnya di Minas Gerais, Brasil. Penemuan ini bertepatan dengan menurunnya produksi berlian di India.
  9. Berlian ditemukan di Amerika Utara pada tahun 1840-an, namun segera terlupakan oleh penemuan berlian di Afrika pada akhir 1860-an dan awal 1870-an.
  10. Meskipun hampir tidak menghasilkan berlian untuk konsumsi komersial, Amerika Serikat membeli lebih dari 40 persen berlian kualitas permata dunia sehingga menjadikannya pasar berlian terbesar di dunia.
  11. Salah satu berlian paling legendaris di dunia adalah the Hope Diamond , fancy colored diamond berwarna abu gelap kebiruan.
  12. Berlian biru termasuk sangat langka. Warna biru alami ini berasal dari zat boron, hidrogen, atau paparan radiasi. Berlian biru alami akibat radiasi cenderung berwarna biru kehijauan ( blue – green ), sedangkan warna biru akibat paparan hidrogen memiliki warna abu-abu keunguan ( gray – violet ) atau abu kebiruan ( gray–blue ).
  13. Berlian terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1924 dinamai Uncle Sam Diamond

Mengetahui fakta natural diamond di atas, Anda akan semakin memahami bahwa permata ini tidak hanya bernilai sebagai penyempurna penampilan, tapi juga memiliki daya tarik yang menjadi simbol kemewahan dan keabadian.

Hal inilah yang ditekankan dalam beragam koleksi perhiasan berlian khas Frank & co.

Sebagai brand perhiasan yang menjadi The Residence of F Colour and VVS Clarity , Frank & co. menghadirkan koleksi perhiasan berlian yang terbuat dari material terbaik dengan tingkat warna F dan kejernihan VVS.

Material ini dipasok langsung dari sightholders yang mendapatkan berlian dari tambang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Demi menjaga kualitas dan timelessness , Frank & co. juga hanya menggunakan natural diamond terbaik pada setiap koleksi perhiasannya.

Selain untuk memperindah penampilan, perhiasan dari Frank & co. juga dapat dijadikan sebagai statement pieces .

Frank & co. Frank Fire Collection, Frank Fire Pendant

Salah satu koleksi unik dan menarik yang Frank & co. hadirkan sebagai statement piece untuk setiap penampilan Anda adalah Frank Fire Collection.

Koleksi perhiasan berlian wanita ini menggunakan 12 parameter yang disebut 12 Degrees of Rarity ditambah dengan sertifikasi berlian Gemological Institute of America (GIA) dan Sarine Light Performance sebagai pelengkap kemewahannya.

12 Degrees of Rarity dari koleksi Frank Fire meliputi:

● Cut

Standar pertama yang digunakan untuk mengukur kualitas perhiasan berlian adalah seberapa baiknya hasil potongan dan asahan berlian tersebut. Kriteria ini akan Anda temukan dalam koleksi perhiasan berlian Frank Fire. Proporsi potongannya yang bagus mampu memantulkan cahaya dengan baik sehingga menciptakan efek visual yang memukau.

● Clarity

Semakin jernih suatu berlian, maka semakin tinggi nilainya. Ada enam kategori clarity , yang paling baik adalah FL; IF; VVS1 dan VVS2; VS1 dan VS2; SI1 dan SI2. Sementara yang paling rendah adalah I1, I2, I3. Frank Fire memiliki rentang nilai FL-VVS2.

● Color

Berlian yang dianggap sempurna tidak memiliki rona warna, bersih, dan murni layaknya setetes air. Standar warna berlian dinilai dengan kriteria D-Z, dengan D adalah nilai yang diberikan untuk berlian terjernih. Rangkaian perhiasan berlian istimewa Frank Fire memiliki grade D – F.

● Carat

Carat adalah ukuran bobot atau berat berlian. Koleksi perhiasan berlian Frank Fire menambahkan berat aman sebesar 0.02 carat untuk melindungi nilai berlian Anda di masa depan.

● Freshness

Seluruh desain perhiasan berlian istimewa Frank & co. selalu menawarkan kesegaran baru. Karakternya yang unik menjadikan perhiasan berlian Frank Fire banyak diminati. Ketika dipakai pun, koleksi ini akan membuat penampilan Anda lebih segar.

● Authentication

Seluruh perhiasan berlian Frank Fire memiliki bukti keaslian berupa sertifikat GIA yang tidak lebih dari tiga tahun. Sertifikat ini juga berperan untuk menjaga kebaruan berlian tersebut sehingga Anda dapat mengetahui tingkat kualitas berlian yang dimiliki.

● Perfect Matching Quality

Perpaduan antara kualitas colourless dan tingkat kejernihan perhiasan berlian Frank Fire layaknya persatuan antara belahan jiwa. Unik sebagai karakter, namun ketika bersama akan menjadi karakter yang sangat langka.

● Polish

Semua berlian yang disematkan pada koleksi perhiasan berlian wanita Frank Fire telah melalui proses pemolesan yang sangat baik, sehingga efek visualnya tampak sangat mewah.

● Symmetry

Frank Fire memiliki tingkat simetri yang sangat tinggi dan presisi dari semua sisi. Hal inilah yang menyebabkan berlian mampu berpendar dengan cantik di bawah cahaya.

● Hearts & Arrows

Presisi berlian Frank Fire yang simetris sempurna juga menunjukkan karakter unik berupa 8 motif Hearts & Arrows yang ada pada berlian.

● No Fluorescence

Ketika tertimpa sinar ultraviolet, berlian dapat memancarkan fluoresensi, yaitu cahaya yang cenderung mendistorsi warna berlian. Oleh sebab itu, seluruh koleksi perhiasan berlian Frank Fire hanya menggunakan berlian yang tidak memancarkan fluoresensi.

● Rarity

Tingkat rarity atau kelangkaan yang dimiliki berlian dapat menentukan kualitasnya. Semakin langka berlian tersebut, maka akan semakin tinggi nilainya. Inilah yang akan Anda peroleh dari koleksi perhiasan berlian Frank Fire.

Frank & co. Frank Fire Collection, Frank Fire Carisse Solitaire Ladies Ring  & Carisse Trilogy Bangle

Secara keseluruhan koleksi Frank Fire terdiri dari 26 desain perhiasan berlian yang tidak hanya eksklusif dan istimewa, tetapi juga memiliki kualitas unggul sehingga mampu memancarkan kemewahan abadi di setiap penampilan Anda.

Selain itu, Frank Fire Collection cocok dijadikan sebagai inspirasi hadiah unik dan terbaik untuk orang berharga di sekitar Anda.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang Frank Fire dan koleksi perhiasan model terbaru dari #Franknco seperti #LovePoetryCollection hasil kolaborasi #FrankncoxMonicaIvena, EL PRIMO, dan Frank Gold, pastikan Anda mengunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id .

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow