Choose Store

3 Perbedaan Promise Ring dan Cincin Tunangan Couple, Serupa Tapi Tak Sama

27 February 2024 |

Sebelum memasuki fase pernikahan, pasangan biasanya memiliki tradisi pertukaran atau pemberian cincin yang menandakan keseriusan hubungan sekaligus rencana masa depan mereka.

Di satu sisi ada cincin tunangan couple atau engagement ring , di sisi lain ada promise ring yang menjadi opsi populer belakangan ini.

Meskipun serupa dalam konsep, promise ring dan cincin tunangan couple memiliki perbedaan yang signifikan.

Khususnya berkaitan dengan makna simbol, penempatan, dan waktu pemberian.

Apa Perbedaan Promise Ring dan Cincin Tunangan Couple ?

Kedua jenis cincin ini sama-sama membawa pesan unik dalam perjalanan cinta.

Adapun perbedaan promise ring dan cincin tunangan terletak pada hal-hal berikut ini:

1. Makna Simbol

Baik promise ring dan cincin tunangan mengandung unsur komitmen dan kesetiaan. Tetapi promise ring lebih condong pada hubungan yang belum mencapai tingkat kesiapan untuk melangkah ke tahap pernikahan. Meskipun begitu, pasangan yang mengenakannya berjanji untuk menjaga cinta, kesetiaan, dan selalu bersama untuk membangun masa depan.

Di sisi lain, cincin tunangan juga merupakan simbol komitmen. Hanya saja pasangan yang bertukar cincin tunangan couple telah mengungkapkan niat untuk melibatkan diri dalam pernikahan. Mereka pun berkomitmen mempersiapkan pernikahan itu sampai tiba waktunya saling mengikat janji sebagai suami – istri.

2. Penempatan

Perbedaan promise ring dan cincin tunangan juga terlihat dari penempatannya. Promise ring umumnya dikenakan di jari manapun, seringkali pada jari kelingking atau jari tengah. Penempatan yang fleksibel ini mencerminkan sifat yang lebih santai dan terbuka terhadap perkembangan hubungan.

Sementara itu, cincin tunangan couple memiliki penempatan yang khusus, yaitu di jari manis sebelah kiri. Tradisi ini telah diterapkan dalam budaya Barat dan menjadi simbol global untuk menunjukkan bahwa seseorang telah bertunangan.

Penempatan khusus ini memberikan sinyal yang jelas bahwa pasangan telah berkomitmen untuk menikah. Sering kali diikuti dengan pemberitahuan resmi kepada keluarga dan teman-teman.

3. Waktu Pemberian

Waktu pemberian promise ring dan cincin tunangan couple juga mencerminkan tahap dan tingkat kesiapan dalam hubungan. Promise ring umumnya diberikan di tahap awal hubungan ketika pasangan ingin menegaskan komitmen pada satu sama lain, tetapi belum siap untuk melangkah ke jenjang pertunangan atau pernikahan.

Sebaliknya, cincin tunangan umumnya diberikan ketika pasangan telah mencapai tingkat kesiapan untuk melibatkan diri dalam pernikahan. Pemberian cincin ini sering kali menjadi langkah serius dan terencana dengan baik. Bahkan diiringi selebrasi istimewa antara keluarga dan orang-orang terdekat dari kedua belah pihak.

Love Poetry Collection, Simbol Janji Cinta dan Komitmen pada Pasangan

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena

Janji cinta dan kesetiaan tidaklah cukup diungkapkan dengan kata-kata.

Anda dan pasangan memerlukan suatu simbol penuh makna yang mampu memberikan nilai sentimental sekaligus memperkuat ikatan emosional dalam hubungan kalian.

Untuk itulah Frank & co. bersama fashion designer terkemuka Monica Ivena menghadirkan Love Poetry Collection.

Love Poetry menggambarkan emosi cinta, yang dirasakan ketika melihat orang yang dicintai, mengubah dunia, dan membuka mata serta hati pada cara baru untuk hidup.

Menurut Monica, jatuh cinta membantu adanya pertumbuhan, sebagai individu dan jiwa.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Fidelis Promise Ring

#LovePoetryCollection menampilkan 5 pasang couple rings dan 3 promise rings.

Dalam koleksi terbaru ini, keseluruhan desain cincin berlian mewah dibuat dengan hati-hati menggunakan emas 18K berkualitas dan berlian dipilih melalui proses kurasi ketat.

Setiap cincin pun mencerminkan keunikan kisah cinta, karena setiap pasangan memiliki cerita yang layak diceritakan dan dirayakan.

Promise ring dilengkapi dengan berlian serta pink sapphire yang merupakan manifestasi cinta sejati.

Pink sapphire menjadi pilihan batu mulia yang sempurna untuk promise ring , yang menciptakan kesan manis, feminin, dan penuh imajinasi, seperti gaya khas Monica Ivena.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Amorem Promise Ring

Pink sapphire tidak hanya melambangkan cinta, tetapi juga keanggunan dan kasih sayang.

Dengan sentuhan pink sapphire, cincin berlian wanita ini menggambarkan kelembutan cinta sejati.

Promise ring adalah cerminan yang sempurna dari keunikan Monica Ivena dan keahlian Frank & co. dalam merangkai detil-detil yang memukau sehingga terangkai menjadi sebuah janji untuk mencintai dengan penuh keanggunan dan kelembutan.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Amorem Promise Ring

Perhiasan model terbaru persembahan #FrankncoxMonicaIvena ini terdiri dari 3 promise rings , yakni Fidelis Promise Ring, Amorem Promise Ring, dan Prismata Promise Ring.

Sedangkan 5 pasang couple rings dari koleksi ini meliputi Amorem Couple Ring, Amare Couple Ring, Prismata Couple Ring, Fidelis Couple Ring, dan Marea Couple Ring yang juga dihiasi oleh blue sapphire.

Melalui Love Poetry Collection, saatnya Anda #NyatakandenganFranknco janji cinta dan komitmen pada kekasih tercinta. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang Love Poetry Collection dan koleksi perhiasan berlian istimewa  lainnya dari #Franknco seperti EL PRIMO dan Frank Gold, pastikan Anda mengunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id .

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow