Choose Store

4 Hal Tentang Baguette Cut Diamond yang Perlu Anda Ketahui

13 April 2024 |

Meskipun tidak sepopuler round atau princess cut , potongan berlian baguette memiliki daya tarik tersendiri yang memikat para pencinta perhiasan.

Baguette cut diamond terkesan unik, klasik, sekaligus sophisticated .

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang potongan berlian ini, simak informasi berikut!

Apa itu Baguette Cut Diamond ?

Potongan berlian baguette merupakan tipe potongan dengan bentuk memanjang dan tipis seperti batang atau tongkat.

Itulah mengapa potongan tersebut dinamai baguette, berasal dari Bahasa Perancis yang berarti batang atau tongkat.

Baguette cut juga termasuk potongan batu permata yang memancarkan keanggunan klasik, timeless, dan minimalis.

Sejarah Baguette Cut Diamond

Baguette cut memiliki sisi vintage yang kuat karena terinspirasi dari gerakan Art Deco dan Art Nouveau .

Kemunculannya sendiri dimulai sejak awal abad ke–20 di mana saat itu fokus utama desain perhiasan adalah minimalis dengan pola lurus.

Bentuknya pun berhasil menarik perhatian para desainer perhiasan yang menginginkan sesuatu berbeda namun tetap anggun saat dikenakan.

Karakteristik Baguette Cut Diamond

Salah satu ciri khas utama dari baguette cut adalah bentuknya yang panjang dan ramping dengan sudut-sudut tajam.

Biasanya memiliki 14 sisi, 8 sisi di samping dan 6 sisi di bagian atas dan bawah sehingga menciptakan ilusi panjang yang elegan.

Dalam desain perhiasan, potongan berlian baguette sering dikombinasikan dengan potongan berlian lainnya dengan mengadopsi pave atau cluster setting untuk mempertegas kilau dan keindahannya.

Selain itu, kilau potongan berlian ini juga tergolong unik karena mampu menghasilkan efek ‘hall of mirrors’ atau ruang cermin.

Keunggulan Baguette Cut Diamond

Salah satu keunggulan utama dari potongan berlian baguette yaitu kemampuannya untuk menambahkan sentuhan elegan dan vintage pada setiap desain perhiasan.

Bentuknya panjang dan ramping sehingga mampu menghasilkan ilusi ukuran permata yang lebih besar.

Meskipun terkesan vintage , potongan ini juga cocok untuk gaya modern yang minimalis.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Fidelis Couple Ring

Di sisi lain, baguette cut diamond sering kali digunakan sebagai penyeimbang atau aksen dalam desain perhiasan yang lebih rumit.

Tujuannya untuk menambahkan dimensi visual dan menarik perhatian pada bagian utama dari perhiasan tersebut.

Keunggulan dari potongan berlian ini akan Anda temukan dalam desain cincin berlian eksklusif Fidelis Couple Ring dalam Love Poetry Collection hasil kolaborasi Frank & co. dan fashion designer Monica Ivena.

Desain Fidelis Couple Ring dalam Love Poetry Collection

Fidelis Couple Ring merupakan desain cincin berlian terbaru yang dihiasi dengan 30 berlian potongan baguette F-VVS di atas material emas 18K.

Cincin ini juga mampu menonjolkan sisi elegan dari channel setting dengan pola twist yang unik nan modern .

Tak hanya itu, desain Fidelis Couple Ring juga memiliki makna romantis, yakni pasangan yang berjanji untuk saling setia dan bergantung pada satu sama lain.

Tak hanya Fidelis Couple Ring, seluruh rangkaian cincin berlian eksklusif dalam Love Poetry Collection juga menjadi simbol cinta yang mendalam.

Sebab koleksi ini hadir untuk menggambarkan emosi cinta, yang dirasakan ketika melihat orang yang dicintai, mengubah dunia, dan membuka mata serta hati pada cara baru untuk hidup.

Menurut Monica, jatuh cinta membantu adanya pertumbuhan, sebagai individu dan jiwa.

Koleksi ini juga akan mengingatkan pada momen-momen berharga seperti saat pasangan menyadari perlunya mengalahkan ego untuk "kemenangan bersama," saat seseorang melepaskan ketakutannya dan menempatkan orang yang dicintainya di urutan pertama, atau saat seseorang memiliki keberanian untuk membuka tentang kerapuhannya pada orang yang dicintai.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Couple Rings

Selain Fidelis Couple Ring, #LovePoetryCollection sendiri memiliki pilihan couple rings lainnya , yaitu Amorem Couple Ring , Prismata Couple Ring , Amare Couple Ring , dan Marea Couple Ring yang juga dihiasi oleh blue sapphire .

Termasuk dalam koleksi ini, ada 3 promise rings yang juga berhiaskan pink sapphire , di antaranya Fidelis Promise Ring , Amorem Promise Ring , dan Prismata Promise Ring .

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Promise Rings

Melalui Love Poetry Collection , Anda akan memahami sisi romantis dari setiap potongan berlian, termasuk baguette cut . S

elain itu, sebagai brand perhiasan yang menjadi The Residence of F Colour and VVS Clarity , Frank & co. memiliki koleksi perhiasan berlian yang dibuat dari material terbaik dengan tingkat warna F dan kejernihan VVS yang dipasok langsung dari sightholders yang mendapatkan berlian dari tambang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Central Mega Kencana (CMK), perusahaan retail perhiasan yang menaungi Frank & co., bekerja sama dengan 3 (tiga) tambang berlian terbesar dan paling bertanggung jawab di dunia, memastikan bahwa berlian yang digunakan dalam setiap bentuk perhiasan adalah berlian alami yang berasal dari tambang yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan para pekerjanya dan lingkungan.

"Berlian etis" atau ethical diamond melampaui hanya bebas konflik; hal ini juga mencakup pertimbangan tentang praktik tenaga kerja dan dampak lingkungan.

Ini berarti penambangan berlian etis tidak melibatkan: child labour (tidak mempekerjakan anak-anak), eksploitasi, kondisi kerja yang berbahaya, perbudakan, atau praktik penambangan yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Berpegang pada prinsip ini membuat seluruh brand perhiasan di bawah naungan CMK mampu menghasilkan koleksi perhiasan berlian yang tidak hanya etis tapi juga mendapatkan tempat khusus di setiap perjalanan kehidupan Anda.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang Love Poetry Collection serta koleksi perhiasan berlian eksklusif lainnya dari #Franknco seperti Frank Fire Collection , EL PRIMO , dan Frank Gold , pastikan Anda mengunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id .

New Stories

Desain Couple Ring Klasik atau Modern, Mana yang Dia Sukai?
27 April 2024 Desain Couple Ring Klasik atau Modern, Mana yang Dia Sukai? Pilih desain couple ring klasik atau modern? Buat Anda yang masih bingung menentukan pilihan, di si… Read More read more arrow
Cincin Berlian Comfort Fit: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memilihnya
26 April 2024 Cincin Berlian Comfort Fit: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memilihnya Mengapa sih Anda harus memilih diamond ring atau cincin berlian comfort fit band? Setidaknya ada 5 … Read More read more arrow
Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow