Choose Store

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

22 December 2021 |

Cincin merupakan simbol akan sebuah komitmen, seperti pada momen pertunangan dan pernikahan. Bukan hanya cincin biasa yang dikenakan, ternyata ada perbedaan pada cincin tunangan dan cincin nikah. Mungkin banyak yang tak menyadari perbedaan tersebut. Berikut perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah.

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

1. Desain Cincin
Walaupun tak ada aturan pasti, cincin tunangan biasanya memiliki desain unik, yang paling umum adalah cincin dengan satu batu berlian di bagian tengahnya atau solitaire . Ukurannya pun bervariasi tergantung selera, apakah besar atau kecil.

Sementara, cincin pernikahan biasanya jauh lebih simple karena dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Walaupun begitu, banyak juga yang memilih cincin pernikahan dengan hiasan berlian.

2. Posisi Cincin
Penggunaan cincin tunangan dan pernikahan digunakan di jari yang berbeda. Berdasarkan tradisi Barat cincin pertunangan dipakai di jari manis pada tangan sebelah kiri. Sedangkan, cincin nikah dipakai di jari manis pada tangan sebelah kanan.

3. Jumlah Cincin
Perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah terakhir adalah jumlahnya. Cincin pertunangan umumnya hanya berjumlah satu dan digunakan oleh pihak wanita. Cincin tersebut diberikan oleh pihak lelaki sebagai bentuk komitmen.

Sedangkan, cincin nikah berjumlah dua atau sepasang karena dikenakan oleh pihak wanita dan juga pria. Cincin tersebut merupakan simbol status atau kepemilikan antara suami istri.

Perhiasan Frank & co.
Saat ini ada banyak pilihan perhiasan berlian, termasuk cincin tunangan atau nikah yang ditawarkan. Masyarakat juga tak perlu bingung mencari di mana, karena merek perhiasan Frank & co. memiliki banyak pilihan untuk dipilih.

Frank & co. sendiri merupakan salah satu merek perhiasan terpercaya yang telah berdiri sejak tahun 1996 di Indonesia. Semua perhiasan wanita di sini dirangkai secara eksklusif dengan pilihan berlian hingga kejernihan VVS.

Salah satu koleksi terbarunya adalah Beads Collection. Koleksi ini terinspirasi dari suatu hal yang baru dan dapat membuat seseorang bahagia karenanya. Untuk itu, Beads Collection cocok diberikan sebagai kado atau hadiah unik.

Beads Collection didesain layaknya sebuah manik-manik yang berderet. Semua koleksinya menggunakan emas 18 karat dengan warna rose gold dan berlian berkualitas dengan tingkat kejernihan VVS, serta tingkat warna F.

Salah satu contoh perhiasan dari Beads Collection adalah cincin dengan 16 butir berlian ini. Cincin berlian ini didesain sebagai open ring dan setiap sisinya dihias dengan berlian berbentuk hati sehingga meninggalkan kesan manis.

Cincin berlian Beads Collection dari Frank & co.


Selain itu, ada juga cincin berlian wanita lainnya dari Beads Collection yang bisa dikenakan untuk aktivitas sehari-hari. Cincin ini bertaburkan dengan 24 butir berlian berkualitas dengan tingkat kejernihan VVS dan tingkat warna F berbentuk round , baguette , dan princess cut .

Cincin berlian Beads Collection dari Frank & co.

Cincin ini cocok untuk diberikan sebagai hadiah. Pasalnya, desainnya elegan dan manis secara bersamaan sehingga membuat orang yang memakainya semakin senang dan percaya diri.

Promo perhiasan berlian, Beads Collection dari Frank & co.


Semua perhiasan berlian dari Frank & co. bisa Anda dapatkan di gerai resmi terdekat. Anda juga bisa mendapatkan promo Gift with Purchase yakni gratis satu buah liontin berlian untuk pembelian perhiasan Frank & co. di periode Desember. Kesempatan ini sayang untuk dilewatkan. Perhiasan dari Frank & co. lainnya untuk pernikahan atau ide hadiah unik bisa Anda lihat di Instagram atau situs resmi mereka.

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow