Choose Store

Sejarah Istilah Pacaran di Indonesia, Bagaimana Kisahnya?

19 September 2022 |

Istilah pacaran tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya, pacaran diartikan untuk dua orang yang memiliki hubungan asmara. Namun, sebenarnya bagaimana sejarah istilah dari pacaran itu sendiri?

Tentu banyak orang yang pernah merasakan momen pacaran. Di momen itu, biasanya orang-orang akan merasakan hal yang dinamakan jatuh cinta, mulai dari ketertarikan, hingga jantung yang berdebar saat sedang bersama dia.

Penjelasan Sejarah Istilah Pacaran di Indonesia

Kata pacaran ternyata berasal dari kata ‘pacar’ (daun pacar) secara etimologi. Sedangkan, dalam bahasa Bugis, dikenal dengan istilah ‘pacci’. Mengapa bisa menjadi istilah untuk dua orang yang menjalin hubungan asmara?

Ternyata, pada zaman dahulu masyarakat Melayu selalu menggunakan pacar air (atau dikenal sebagai inai) pada dua orang muda-mudi yang saling tertarik dan diketahui oleh keluarganya. Hal ini ditandai dengan pihak pria yang mengirim utusan kepada keluarga perempuan untuk membaca pantun di depan halaman.

Setelah itu, jika pihak perempuan menyambut pantun tersebut dan ingin meneruskan hubungan, maka orang tua keduanya akan memberikan pacar air (inai) di tangan keduanya. Akhirnya, inai yang menjadi tanda mereka memiliki hubungan.

Setelah itu, pacar air yang digunakan akan bertahan selama tiga bulan. Selama waktu itu lah pihak pria akan mempersiapkan kebutuhan untuk melamar sang pujaan hati. Sedangkan, jika pacar air tersebut hilang dan belum ada lamaran, maka pihak perempuan berhak memutuskan hubungan.

Sejak saat itu, istilah ‘pacaran’ digunakan di Indonesia karena penggunaan ‘pacar’ sebagai tanda hubungan spesial. Namun seiring perkembangan zaman, pacar air sudah tidak digunakan lagi, dan diganti dengan hal yang lebih menawan serta elegan, seperti perhiasan.

Perhiasan menjadi salah satu bentuk cinta yang bisa diberikan kepada pujaan hati. Bahkan perhiasan, seperti cincin berlian, kerap digunakan sebagai tanda pengikat di momen lamaran pernikahan.

Perhiasan Frank & co. untuk Segala Momen Berharga

Frank & co. merupakan salah satu merek perhiasan berlian terpercaya di Indonesia. Brand ini bahkan memiliki beragam koleksi memukau serta elegan, yang bisa menggambarkan besarnya cinta kepada pasangan.

Seperti cincin berlian wanita Madison dari koleksi Frank Fire. Cincin yang bertaburkan 38 butir berlian berkualitas VVS atau Very Very Slightly Included ini memiliki sentuhan rose gold 18 karat.

Cincin Berlian Madison dari Koleksi Frank Fire, Frank & co.

Tak cuma itu, cincin ini memiliki berlian berukuran besar di bagian tengahnya yang bisa menjadikan Anda tampil sebagai spotlight di segala momen. Oleh karena itu, tak salah bila cincin ini terinspirasi dari kota New York yang penuh gemerlap dan kemewahan.

Anda bisa mendapatkan cincin ini sebagai ide hadiah unik kepada pasangan dengan membelinya di gerai-gerai resmi Frank & co. Selain itu, kunjungi website www.frankncojewellery.com dan follow Instagram Frank & co. agar tidak ketinggalan informasi.

Video Campaign #NyatakanDenganFranknco Terbaru

Frank & co. baru saja merilis video campaign terbaru yang masih berkaitan dengan kampanye #NyatakanDenganFranknco. Video tersebut mengisahkan beragam kisah dalam hidup terkait harapan, pribadi, hingga orang-orang yang berharga.

Dalam video ini, Frank & co. mengajak masyarakat untuk menghargai setiap momen, harapan, serta orang-orang di sekeliling kita; dengan merayakannya. Sebab, ungkapan, harapan, dan emosi, tidak terbatas pada ungkapan “ I love you ”, “ thank you ”, atau “ sorry ” saja. Namun, ada begitu banyak rasa yang bisa diungkapkan lebih dari sekadar kata-kata.


Cuplikan Video Campaign #NyatakanDenganFranknco

Video campaign yang berdurasi 60 detik ini mengisahkan enam perjalan hidup dari individu yang berbeda-beda. Mulai dari seorang pria yang berlutut melamar kekasihnya, sepasang anak muda yang berpacaran dalam momen memberikan hadiah manis, seorang anak yang menyatakan rasa cinta kasih ke ibunya, pasangan usia lanjut yang masih menunjukkan cintanya terhadap satu sama lain, seorang pria yang memberikan self reward , hingga pasangan yang sedang melangsungkan pernikahan.

Tak cuma itu, video ini juga akan menampilkan beragam perhiasan paling spesial milik Frank & co. mulai dari koleksi Love Lock, Frank Fire, Peony, Men’s Jewellery, hingga Precious Stone Blue Sapphire. Anda bisa menonton video campaign ini di channel YouTube Frank & co.

Video campaign milik #Franknco juga merupakan bagian dari kampanye #NyatakanDenganFranknco setelah peluncuran web series “Asmara, Harapan, Rindu” yang dirilis pada 2021 lalu. Jangan sampai ketinggalan menyaksikan tayangannya, ya!

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow