Choose Store

Mengenal 6 Jenis Cinta dalam Mitologi Yunani

17 January 2024 |

Selain love language atau bahasa cinta, ternyata cinta juga terbagi ke dalam beberapa jenis.

Mengetahui jenis-jenis cinta juga penting untuk mengidentifikasi perasaan Anda terhadap orang terdekat.

Berdasarkan Mitologi Yunani, para filsuf telah mengelompokkannya menjadi beberapa jenis yang akan dibahas di bawah ini!

Jenis-jenis Cinta Berdasarkan Mitologi Yunani

1. Persahabatan yang Mendalam ( Philia )

Cinta philia mewakili kasih sayang terhadap teman dan dapat berkembang menjadi persahabatan yang mendalam. Philia memiliki nilai yang sama pentingnya dengan cinta romantis terhadap pasangan. Filosofi ini berasal dari Plato, seorang filsuf Yunani, dengan konsep cinta platonik.

Hubungan platonik membuat Anda merasa sangat dekat dengan seseorang atau kelompok yang dapat dipercaya. Anda pun akan menghormatinya secara mendalam. Dengan ikatan yang kuat, jenis cinta philia dapat menyebabkan perasaan sakit hati jika persahabatan itu terputus atau hilang begitu saja.

Untuk memperkuat cinta philia , luangkanlah waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat. Pada momen-momen berarti ini, Anda bisa berbicara tentang sukacita dan kesedihan serta menyatakan betapa pentingnya kehadiran mereka dalam hidup Anda.

2. Cinta Penuh Obsesi ( Mania )

Pernahkah terlintas dalam pikiran bahwa perilaku obsesif tidak termasuk dalam bentuk cinta? Faktanya dalam Mitologi Yunani, cinta obsesif ini merupakan jenis cinta mania . Cinta yang penuh obsesi ini diilustrasikan sebagai hubungan toxic , di mana seseorang menjadi sangat terikat karena ketidakseimbangan dalam pemberian kasih sayang .

Cinta jenis ini terjadi ketika seseorang mencintai dengan tindakan di luar batas logika, sering kali disebut sebagai tindakan cinta yang didasarkan pada obsesi semata. Meskipun sulit untuk keluar dari hubungan mania , mengendalikannya dan menciptakan keseimbangan dalam memberikan kasih sayang dapat membuat hubungan menjadi lebih sehat.

Cobalah untuk tidak menjadi terlalu bergantung pada pasangan. Jika Anda merasa mengalami cinta mania , usahakan untuk mengendalikan perilaku posesif. Setelah itu, cari tahu penyebab dari perasaan tidak aman atau perilaku obsesif yang muncul. Terakhir, komunikasi menjadi kunci utama; sampaikan kepada pasangan tentang pemikiran Anda dan bersama-sama carilah solusi terbaik untuk keluar dari hubungan toxic ini.

3. Cinta yang Diberikan pada Semua Orang ( Agape )

Mind Body Green menjelaskan bahwa jenis cinta ini merupakan bentuk cinta tanpa pamrih yang sering diilustrasikan sebagai welas asih untuk semua orang. Agape dirasakan terhadap semua makhluk hidup tanpa syarat, diberikan dengan kesadaran, dan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Cinta ini begitu murni sehingga sering disebut sebagai cinta tanpa syarat .

4. Cinta untuk Diri Sendiri ( Philautia )

Jenis cinta yang populer di kalangan Generasi Z. Philautia adalah bentuk cinta terhadap diri sendiri ( self-love ) atau welas asih untuk diri sendiri. Mengembangkan cinta terhadap diri sendiri sangatlah penting karena  berdampak besar pada kepercayaan diri, harga diri, dan cara seseorang berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

Sebelum mencintai orang lain, penting untuk memiliki philautia terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat memberikan lebih banyak cinta kepada orang lain.Tips untuk melatih cinta terhadap diri sendiri adalah dengan memanjakan diri melalui berbagai aktivitas perawatan diri favorit. Selain itu, lakukan hal-hal lain yang membuat Anda merasa menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Cinta untuk Keluarga ( Storge )

Menurut Mitologi Yunani, jenis cinta yang diperuntukkan bagi keluarga disebut storge . Cinta ini tidak hanya terbatas pada keluarga inti, namun juga sering dirasakan terhadap teman dekat keluarga atau teman sejak kecil.

Walau begitu, perbedaan mendasar antara storge dan philia adalah bahwa ikatan storge diperkuat oleh hubungan darah, kenangan masa lalu, dan keakraban. Oleh karena itu, banyak yang berpendapat bahwa teman bisa menjadi anggota keluarga yang kita pilih.

Storge sering dikaitkan dengan cinta naluriah yang penuh kasih sayang, menjaga, dan meresap dalam ingatan. Untuk menjaga hubungan storge , jaga selalu ikatan dengan anggota keluarga serta bersedia memaafkan kesalahan di masa lalu.

6. Cinta Abadi ( Pragma )

Dalam Mitologi Yunani, ada jenis cinta yang disebut pragma . Pragma merujuk pada bentuk cinta yang berdasarkan pada kewajiban, komitmen, dan sering kali disebut sebagai cinta praktis. Pasangan yang mampu menjaga keberlangsungan hubungan hingga usia tua selalu menemukan cara untuk tetap setia dan saling mendukung. Sebab mereka memiliki cinta pragma , yakni cinta yang abadi.

Selain itu, hubungan pragma membutuhkan komitmen dan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Hal ini dapat dicapai melalui ikatan resmi dan melalui pengalaman yang mereka alami bersama dari waktu ke waktu.

Ungkapan Cinta Penuh Makna Tertuang dalam #FrankncoxMonicaIvena Love Poetry Collection

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Amorem Couple Ring

Menilik dari jenis cinta berdasarkan Mitologi Yunani di atas, manakah yang paling Anda rasakan pada orang-orang di sekitar Anda? Apapun itu, jangan ragu untuk menyatakan perasaan cinta Anda pada mereka dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Salah satu cara untuk menyatakan cinta Anda pada orang terkasih adalah melalui Love Poetry Collection .

Koleksi hasil kolaborasi Frank & co. dan fashion designer Monica Ivena ini mampu memberikan makna mendalam terhadap suatu hubungan.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Amare Couple Ring

#LovePoetryCollection juga menggambarkan emosi cinta, yang dirasakan ketika melihat orang yang dicintai, mengubah dunia, dan membuka mata serta hati pada cara baru untuk hidup.

Menurut Monica, jatuh cinta membantu adanya pertumbuhan, sebagai individu dan jiwa.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Prismata Couple Ring

Koleksi hasil kolaborasi #FrankncoxMonicaIvena ini menampilkan 5 pasang couple ring dan 3 pasang promise ring .

Setiap desain dibuat dengan hati-hati menggunakan emas 18K berkualitas dan berlian serta blue sapphire yang dipilih melalui proses kurasi ketat.

Selain itu, setiap pasang cincin berlian pria dan wanita ini mencerminkan keunikan kisah cinta.

Sebab setiap pasangan memiliki cerita yang layak diceritakan dan dirayakan.

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Fidelis Couple Ring

Love Poetry Collection persembahan #Franknco dan Monica Ivena terdiri dari Amorem Couple Ring, Amare Couple Ring, Prismata Couple Ring, Fidelis Couple Ring, dan Marea Couple Ring yang juga dihiasi oleh blue sapphire .

Sedangkan 3 pasang promise ring dari koleksi ini meliputi Fidelis Promise Ring, Amorem Promise Ring, dan Prismata Promise Ring .

Love Poetry Collection Frank & co. x Monica Ivena, Marea Couple Ring

Melalui #LovePoetryCollection, #NyatakandenganFranknco perjalanan cinta penuh makna Anda bersama pasangan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang Love Poetry Collection dan koleksi diamond jewellery istimewa lainnya seperti EL PRIMO dan Frank Gold, pastikan Anda mengunjungi website resmi Frank & co. dan follow akun Instagram @franknco_id .

New Stories

Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit
25 April 2024 Comfort Fit Ring: Pengertian dan Perbedaannya dengan Standard Fit Apa itu comfort fit dan perbedaannya dengan standard fit? Apa saja keunggulan dari comfort fit ring… Read More read more arrow
Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring
24 April 2024 Klasik dan Elegan, Ini 2 Rekomendasi Permata Terbaik untuk Couple Ring Saatnya kita menelusuri 2 rekomendasi batu permata terbaik untuk couple ring. Apakah Anda punya si … Read More read more arrow
Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik
23 April 2024 Mengungkap Sejarah Permata Cushion Cut, Potongan Vintage nan Klasik Bagaimana sejarah cushion cut? Apa saja karakteristik permata cushion cut? Temukan jawabannya dalam… Read More read more arrow